markdesign-logo-animation

You are now viewing English version of Mark Design. Do you want to view the Indonesian version?

Website Design Surabaya Jakarta - Mark Design

Beberapa Model Bisnis Website E-commerce Beserta Contohnya || Jasa Pembuatan Web surabaya, jasa pembuatan web, jasa pembuatan website , jasa pembuatan website Surabaya - Blog & Articles Mark Design - Jasa Pembuatan Website Surabaya Jakarta

Blog & Articles

we speak
from our
works

scroll down - markdesign
GOOD DESIGN - GOOD BUSINESS
Article & Blog by

Mark Design - Web Design Surabaya Jakarta. Branding & Digital Marketing Consultant

Date

24 November 2021

Tags

Website Design

Beberapa Model Bisnis Website E-commerce Beserta Contohnya || Jasa Pembuatan Web surabaya, jasa pembuatan web, jasa pembuatan website , jasa pembuatan website Surabaya

beberapa-model-bisnis-website-e-commerce-beserta-contohnya-jasa-pembuatan-web-surabaya-jasa-pembuatan-web-jasa-pembuatan-website-jasa-pembuatan-website-surabaya

Kata e-commerce mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern. E-commerce didefinisikan sebagai aktivitas atau aktivitas jual beli barang dan jasa secara online melalui jaringan elektronik, khususnya internet. Pesatnya perkembangan internet membuat aktivitas jual beli mulai merambah ke ranah digital. Tidak heran jika banyak orang melakukan bisnis online menggunakan website atau situs e-commerce.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan situs e-commerce, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa konsep e-commerce tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Bukan hanya soal menjalankan website toko online saja, karena website yang tergolong situs eCommerce mencakup beberapa kategori. Berdasarkan model bisnisnya, terdapat 7 jenis website e-commerce. Dan berikut merupakan beberapa model website e-commerce.

Business to Business (B2B)

Situs web e-commerce Business to Business (B2B) adalah situs untuk kegiatan komersial antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. Situs e-commerce B2B biasanya digunakan antara produsen dan distributor, grosir dan pengecer. Contoh dari portal B2B adalah ralali.com yang dimana fungsinya menghubungkan transaksi produk industri dengan perusahaan besar dan usaha kecil dan juga bizzy.co.id melayani transaksi B2B untuk produk - produk peralatan kantor.

Business-to-Customer (B2C)

Situs web e-commerce Business-to-Customer (B2C) adalah kebalikan dari B2B. Situs e-commerce B2B digunakan untuk kegiatan jual beli online antara bisnis atau produsen dan pengguna akhir, yang dapat berupa konsumen individu atau kelompok. Contoh portal B2C adalah bhinneka.com yang fokus menjual berbagai produk elektronik, dan lazada.co.id yang menjual berbagai produk fashion, olahraga, dan elektronik.

Consumer to Consumer (C2C)

Situs web e-commerce Consumer to Consumer (C2C) adalah situs web yang memungkinkan konsumen bertransaksi dengan konsumen lain secara online. Situs e-commerce B2B bertindak seperti pihak ketiga yang menyatukan konsumen. Contoh platform B2B di Indonesia yaitu tokopedia.com dan bukalapak.com memberikan layanan kepada individu untuk menjual berbagai macam produk baru dan bekas kepada konsumen lain.

Consumer to Business (C2B)

Situs e- commerce Consumer to Business (C2B) sebagai lawan dari C2C. Situs e-commerce C2B memberikan layanan kepada individu atau konsumen mereka untuk menyediakan produk atau layanan kepada beberapa bisnis yang membutuhkan. Salah satu contoh platform C2B, khususnya istockphoto.com, adalah cara bagi fotografer individu untuk mendapatkan royalti jika seseorang menggunakan foto mereka.

Business to Administration (B2A)

Situs e-commerce dari Business to Administration (B2A) digunakan untuk kegiatan transaksi online antara perusahaan dengan pemerintah atau organisasi publik dan masyarakat. Situs e-commerce B2A biasanya adalah instansi pemerintah. Misalnya, bpjsketenagakerjaan.go.id memberikan layanan online kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan informasi dan menanyakan saldo.

Consumer to Administration (C2A)

Situs website e-commerce Consumer to Administration (C2A) mirip dengan B2A. Tetapi, model bisnis dari situs web C2A digunakan untuk layanan transaksional dengan konsumen/individu dan administrasi publik. Misalnya, bpjskesehatan.go.id memberikan layanan kepada masyarakat untuk melakukan verifikasi tagihan dan transaksi BPJS Kesehatan secara online.

Online to Offline (O2O)

Situs website e-commerce Online to Offline (O2O) Situs web e-commerce menyampaikan konsep bisnis untuk menarik konsumen online atau membeli dari toko fisik/offline. Model bisnis situs web e-niaga O2O memungkinkan Anda membeli barang secara online dan menerimanya dari toko fisik. Misalnya, Matahrimall.com memungkinkan konsumen online untuk mengumpulkan atau bahkan mengembalikan barang dagangan di semua gerai Matahari di Indonesia.

Dan bagi anda yang tidak dapat membuat atau mengelola website, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website dari Mark Design. Dimana mark design ialah Web Design Jakarta sebagai perusahaan yang menawarkan jasa Web Design Jakarta, juga menyediakan jasa Pembuatan web, mark design adalah platform jasa pembuatan website surabaya untuk membantu anda dalam mewujudkan media promosi anda baik berupa produk maupun jasa. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi website kami www.markdesign.net. Selain itu perusahan Mark Design juga menyediakan jasa pembuatan web Surabaya, dan juga Pemasangan reklame surabaya, Pemasangan reklame Jakarta, jasa pembuatan web untuk bisnis anda, optimalisasi web, monetisasi web, pembuatan logo bisnis, fotografer profesional untuk bisnis dan usaha anda, profesional photographer.

let’s get
in touch...

Drop us your contact below, and we will respond to you shortly.